Cara Mengobati Jerawat Kistik

Posted on

Cara Mengobati Jerawat Kistik salah satu yang populer di internet. Tips Kecantikan mudah diaplikasikan dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Mengobati Jerawat Kistik

Jerawat kistik adalah jenis jerawat yang paling parah dan memerlukan pengobatan yang tepat untuk menghilangkannya. Jerawat kistik biasanya muncul pada wajah, leher, punggung, dan dada. Jerawat ini dikenal karena ukurannya yang besar dan terasa sakit ketika disentuh. Namun, jangan khawatir, dalam artikel ini akan membahas cara mengobati jerawat kistik secara efektif.

Penyebab Jerawat Kistik

Sebelum membahas cara mengobati jerawat kistik, penting untuk mengetahui penyebabnya. Jerawat kistik disebabkan oleh produksi sebum yang berlebihan, peradangan, dan infeksi bakteri. Selain itu, faktor genetik juga dapat mempengaruhi kemunculan jerawat kistik. Jerawat kistik bisa sangat sulit diobati, namun dengan pengobatan yang tepat, jerawat tersebut dapat dihilangkan.

Pengobatan Jerawat Kistik dengan Obat Topikal

Obat topikal adalah pengobatan jerawat yang dioleskan langsung ke bagian kulit yang terkena jerawat. Obat topikal yang diresepkan oleh dokter bisa membantu menjaga kulit Anda tetap bersih dan mengurangi peradangan. Beberapa obat topikal yang terbukti efektif dalam mengobati jerawat kistik adalah:

Retinoid Topikal

Retinoid adalah turunan vitamin A yang membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak pada kulit. Retinoid topikal seperti tretinoin dan adapalene dapat membantu mengurangi jerawat kistik. Namun, penggunaan retinoid topikal harus dengan resep dokter dan disesuaikan dengan kondisi kulit Anda.

Salep Antibiotik Topikal

Salep antibiotik topikal mengandung antibiotik yang membantu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Salep antibiotik seperti eritromisin dan klindamisin dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan jerawat kistik. Namun, penggunaan salep antibiotik topikal harus dengan resep dokter dan tidak boleh digunakan secara berlebihan.

Pengobatan Jerawat Kistik dengan Obat Minum

Obat minum adalah pengobatan jerawat yang diminum secara oral. Obat minum biasanya diresepkan oleh dokter dan digunakan untuk mengurangi produksi minyak pada kulit dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Beberapa obat minum yang terbukti efektif dalam mengobati jerawat kistik adalah:

Isotretinoin

Isotretinoin adalah obat minum yang biasa digunakan untuk mengobati jerawat kistik yang parah dan sulit diobati. Obat ini bekerja dengan mengurangi produksi minyak pada kulit dan membantu membersihkan pori-pori. Namun, penggunaan isotretinoin harus diawasi oleh dokter dan dapat menimbulkan efek samping yang serius.

Antibiotik Minum

Antibiotik minum seperti doksisiklin dan minosiklin dapat membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Obat ini biasanya diresepkan oleh dokter dan harus diambil sesuai dosis yang dianjurkan. Namun, penggunaan antibiotik minum harus dengan resep dokter dan tidak boleh digunakan secara berlebihan.

Pengobatan Jerawat Kistik dengan Perawatan Kulit Profesional

Jika pengobatan jerawat kistik dengan obat topikal dan minum tidak efektif, perawatan kulit profesional dapat menjadi pilihan alternatif. Beberapa perawatan kulit profesional yang dapat membantu mengobati jerawat kistik adalah:

Terapi Cahaya

Terapi cahaya menggunakan cahaya biru atau merah untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan pada kulit. Terapi cahaya biasanya dilakukan di klinik atau salon kecantikan dan harus dilakukan secara berkala untuk hasil yang maksimal.

Kimia Peeling

Kimia peeling adalah prosedur yang digunakan untuk mengangkat lapisan kulit yang terkena jerawat dan mengurangi peradangan. Prosedur ini dilakukan dengan mengoleskan larutan kimia pada kulit dan kemudian mengelupas lapisan kulit yang sudah mati.

Pencegahan Jerawat Kistik

Selain mengobati jerawat kistik, penting juga untuk mencegahnya agar tidak muncul kembali. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah jerawat kistik adalah:

  • Mencuci wajah secara teratur dengan sabun pembersih yang lembut
  • Menghindari produk perawatan kulit yang mengandung minyak
  • Menghindari makanan yang dapat memicu jerawat, seperti makanan berlemak dan pedas
  • Menghindari stres dan kelelahan yang dapat memicu jerawat

People also ask tentang cara mengobati jerawat kistik adalah apakah jerawat kistik bisa sembuh? Jerawat kistik dapat sembuh dengan pengobatan yang tepat dan perawatan yang konsisten. Namun, jerawat kistik dapat kambuh jika tidak diobati dengan benar atau jika faktor pemicu tidak diatasi. Oleh karena itu, penting untuk mengobati jerawat kistik dengan tepat dan mencegahnya agar tidak muncul kembali.

Terima kasih sudah membaca Cara Mengobati Jerawat Kistik ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :