Resep Kue Kuping Gajah Tanpa Santan

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Kuping Gajah Tanpa Santan salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Kuping Gajah Tanpa Santan

Sebagai seorang koki profesional, saya senang berbagi resep kue kuping gajah tanpa santan yang lezat dan mudah dibuat. Kue ini merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat populer, terutama di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kue kuping gajah ini memiliki tekstur yang renyah dan gurih, serta aroma yang harum. Tanpa basa-basi lagi, berikut ini adalah resep kue kuping gajah tanpa santan yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai proses membuat kue kuping gajah tanpa santan, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus kamu siapkan:

Bahan untuk adonan kue

  • 250 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung sagu
  • 50 gram tepung beras
  • 50 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh baking powder
  • 2 butir telur
  • 200 ml air matang
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk

Bahan untuk taburan kue

  • 150 gram kelapa parut kasar
  • 1/4 sendok teh garam

Cara membuat adonan kue

Pertama-tama, campurkan tepung terigu, tepung sagu, tepung beras, gula pasir, garam, dan baking powder dalam sebuah wadah. Aduk rata semua bahan tersebut.

Selanjutnya, tambahkan telur dan air matang ke dalam campuran tepung tadi. Aduk-aduk hingga adonan menjadi kental dan tidak bergerindil.

Tambahkan vanili bubuk ke dalam adonan, aduk hingga merata.

Cara membuat taburan kue

Panaskan kelapa parut kasar dan garam di atas wajan dengan api sedang. Aduk terus hingga kelapa parut berubah warna menjadi kecoklatan dan harum. Angkat dan dinginkan sejenak.

Setelah itu, taburkan kelapa parut yang sudah dingin ke atas adonan kue secukupnya. Ratakan dengan tangan atau sendok.

Panaskan wajan dengan api sedang, olesi permukaannya dengan sedikit minyak goreng. Ambil satu sendok sayur adonan kue, tuang ke dalam wajan dengan bentuk bulat tipis. Tunggu hingga adonan setengah matang dan berwarna kecoklatan, kemudian balik dan masak hingga kedua sisi kue matang sempurna.

Angkat kue dari wajan dan letakkan di atas wadah. Ulangi proses yang sama hingga adonan kue habis.

Setelah semua kue matang, kue kuping gajah tanpa santan siap disajikan. Kamu bisa menyajikannya dengan teh atau kopi.

People also ask, apakah kue kuping gajah tanpa santan bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama? Jawabannya, bisa. Kue ini bisa disimpan dalam wadah kedap udara di suhu ruangan selama 2-3 hari. Namun, pastikan kue sudah benar-benar dingin sebelum disimpan agar tidak cepat basi.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Kuping Gajah Tanpa Santan ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :